Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan DoH DoT dan DNSCrypt

SMK Penerbangan – Anda mungkin belum mengetahui perbedaan DoH DoT dan DNSCrypt yang merupakan serangkaian Domain Name Server (DNS) tersedia oleh mereka penyedia layanan ini.

DNS Over HTTPS (DoH), DNS Over TLS (DoT) dan DNSCrypt bagi sebagian orang belum diketahui. Kebanyakan hanya mengerti DNS saja seperti layaknya DNS Google dengan setelan angka 8.8.8.8 atau CloudFlare dengan 1.1.1.1 miliknya. Penggunaan DNS umumnya berfungsi untuk membuka konten yang diblokir di internet. Berikut pengertian dan perbedaan yang dimilikinya:



Perbedaan DoH DoT dan DNSCrypt

PerbedaanDoHDoTDNSCrypt
Port443853443 TCP  UDP
Tersedia Di AndroidAndroid Pie ada di sistemAndroid Pie ada di sistemMenggunakan aplikasi khusus
KeamananKurangSedikit lebih baikPaling aman
Lapis KeamananTidak ada1Lebih dari 1
PrivasiDapat terlihatSedikit lebih tersebunyi jika setelan pasTidak dapat terlihat
ContohDNS Googledns.adguard.comDNSCrypt Windows Client

DNS Over HTTPS (DoH)

Merupakan sebuah sistem DNS yang disebut fokus pada privasi penggunanya. Digunakan dalam browser dan jenis DNS ini menggunakan port 443. Membuatnya mudah untuk menggabungkan diri dengan arus lalu lintas data HTTPS lainnya.

Maka dari itu, jenis DNS ini akan sulit untuk dideteksi dan atau di blokir dari sudut pandang jaringan. Protocol yang digunakan pada DoH biasanya tersedia di browser, sehingga ada di setiap perangkat. DNS terenkripsi yang satu ini sangat mudah untuk digunakan.

Beberapa browser seperti Firefox menggunakan DoH secara otomatis aktif. Sebagian perlu diaktifkan terlebih dahulu secara manual. DNS ini sulit untuk diblokir oleh jaringan atau application layer tertentu. ISP atau penyedia internet maupun pemerintah cukup sulit untuk memblokir anda ketika menggunakannya.

Meskipun pemerintah atau ISP tidak bisa melihat secara langsung arus data yang sedang anda akses. Namun penyedia seperti Google DNS maupun Cloudflare mampu untuk melacak atau mengetahuinya. Meskipun privasi cukup aman, namun ada kelemahan yaitu masih tetap dapat dilihat log didalamnya.

DNS Over TLS (DoT)

Protokol yang dimiliki jenis DNS ini berfokus pada keamanan. Selain itu juga memberikan peningkatan privasi juga meskipun tetap bisa dilihat oleh admin dalam jaringan. Jenis Domain Name Server ini menggunakan port 853. Jika tidak disetel dengan benar maka privasi akan tetap terlihat oleh pemilik server DNS maupun ISP atau pemerintah.

Dalam ponsel Android, DNS Over TLS ini tersedia seperti layaknya DNS Pribadi dengan setelan tertentu. DNS dengan penyedia khusus yang diisi dengan alamat sendiri ini tersedia di Android 9 (Pie). Jadi sistem Android ini sudah mampu untuk menyediakan koneksi dengan DNS Privat yang dimodifikasi sesuai penyedia atau server tertentu. Untuk versi Android dibawahnya, harus menggunakan aplikasi.

Pemilik atau penyedia server DNS ini bisa melihat aktivitas kamu jika tidak disetel dengan benar. Misalkan disetel menggunakan poer 443 agar menghindari pendeteksian atau pemblokiran dari protokol juga bisa dipakai.

DNSCrypt (Perbedaan DoH DoT dan DNSCrypt Paling Terlihat)

DNS jenis ini memberikan keamanan dan privasi yang terbaik dari yang telah disebutkan. Perbedaan DoH DoT dan DNSCrypt yang cukup mencolok adalah anda perlu aplikasi tambahan yang diinstal untuk menggunakan DNSCrypt. Protokol ini cukup banyak digunakan karena tidak terlihat atau terpantau. Masuk dalam jajaran 0,1% jenis DNS yang memiliki lalu lintas terbaik. Keamanan pada DNS ini mungkin paling baik diantara yang keduanya.

Port bawaan adalah 443 dengan TCP dan UDP. Perbedaan DoH DoT dan DNSCrypt yang patut diperhatkan adalah DNSCrypt menggunakan protokol sendiri dan tidak bekerja diatas TLS maupun HTPS. Membuatnya menjadi sangat tidak terlihat, DNSCrypt memberikan tambahan lapis keamanan dan privasi bagi

Post a Comment for "Perbedaan DoH DoT dan DNSCrypt"