Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Video Pelatihan Prakerja Tidak Bisa Dibuka

Ada beberapa penyebab video pelatihan Prakerja tidak bisa dibuka. Seperti koneksi internet yang kurang bagus, ponsel sedang mengalami error, saldo tidak mencukupi, video telah expire, dan masalah browser atau penjelajah juga.

Jika anda mengakses video Prakerja kemudian tidak bisa dibuka atau dimainkan, mungkin saja masalah tersebut sedang dialami. Server yang down juga merupakan penyebabnya tapi bukan termasuk masalah dari perangkat anda. Beberapa hal dibawah ini bisa anda lakukan agar video pelatihan bisa diakses kembali.



Cara Mengatasi Video Pelatihan Prakerja Tidak Bisa Dibuka

Sebelum beberapa hal dibawah ini anda lakukan. Cek koneksi internet di ponsel terlebih dahulu. Misalkan membuka Youtube, untuk pengecekan apakah lancar atau tidak. Jika lancar, server Prakerja sedang down. Anda hanya perlu menunggu saja hingga koneksi dari server kembali normal. Dan solusi lain yang bisa dilakukan dari SMK Penerbangan yaitu:

Memastikan Bahwa Saldo Cukup

Saldo pelatihan Prakerja anda sisa berapa. Sebaiknya ini dilakukan sebelum ingin membuka sebuah video pelatihan. Jumlah saldo yang diberikan dari Prakerja seharusnya cukup dan dapat membayar materi pelajaran yang akan dilihat. Jika saldo tidak cukup, maka pelatihan tidak dapat dilakukan.

Hidupkan Ulang Ponsel

Jika anda menggunakan ponsel pintar untuk mengakses laman Prakerja ini. Cobalah untuk memulai ulang ponsel. Karena permasalahan yang ada pada ponsel yang terlalu banyak data cache termasuk sampah, dapat menyebabkan situs Prakerja tidak dapat dimuat dengan baik.

Menghidupkan ulang ponsel juga akan mengembalikan performa ponsel kembali seperti semula. Sehingga mengakses situs kembali untuk membuka video akan berjalan lancar. Cobalah untuk menghidupkan ulang ponsel dalam beberapa hari sekali, ini sangat baik untuk kesehatan ponsel.

Menghapus Data Aplikasi Browser/ Chrome

Aplikasi yang digunakan untuk menjelajah Prakerja di ponsel biasanya adalah Chrome. Aplikasi ini jika terlalu banyak memuat data situs juga akan berpengaruh ketika memutar sebuah video terutama dari Prakerja.

Langkahnya dengan membuka Pengaturan di ponsel kemudian cari pengaturan aplikasi yang terinstal. Pada daftar aplikasi, cari Chrome atau aplikasi penjelajah internet anda. Selanjutnya adalah hapus data aplikasi tersebut. Langkah ini juga sama seperti ketika anda melakukan instalasi kembali aplikasi Google Chrome di komputer.

Langkah ini akan menghapus informasi masuk/ login Prakerja anda. Ketika mengunjungi situs tersebut lagi, masukkan informasi login lagi agar dapat mengakses. Memang kelemahannya adalah anda harus relogin lagi. Tapi browser kembali segar dan bisa bekerja dengan maksimal.

Coba Beberapa Saat Kemudian Untuk Mengatasi Video Pelatihan Prakerja Tidak Bisa Dibuka

Server yang down dialami oleh Prakerja membuat anda harus menunggu. Sehingga video pelatihan Prakerja tidak bisa dibuka. Coba buka video pelatihan dimana tidak banyak orang mengaksesnya, seperti di pagi hari maupun malam. Atau bisa mencoba beberapa jam setelah anda terakhir mencoba namun tidak bisa.

Menggunakan DNS Atau VPN

DNS 1.1.1.1 bisa di instal di ponsel anda dari Play Store. Aplikasi ini bisa mengatasi kendala lemot ketika mengakses video Prakerja. Sama halnya dengan instalasi VPN di ponsel. Kedua alternatif ini bisa juga digunakan untuk komputer atau laptop. Sehingga anda bisa mengakses video kembali.

Post a Comment for "Mengatasi Video Pelatihan Prakerja Tidak Bisa Dibuka"