Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meningkatkan Critical Thinking

Banyak cara meningkatkan critical thinking dimana ini merupakan sebuah skil yang dibutuhkan pada jaman sekarang. Kemampuan critical thinking atau berpikir kritis bisa diterapkan dimana saja. Ketika anda menjadi pekerja di sebuah perusahaan dan bahkan ketika masih di sekolah. Memupuk kemampuan ini sejak dini sangat penting terutama bagi para pelajar. Lalu bagaimana saran untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis ini? Infonya bersumber dari SMK Penerbangan untuk anda.



Cara Meningkatkan Critical Thinking

Berpikir kritis sangat baik yaitu untuk meningkatkan penggunaan bahasa dan skil persentasi atau ngomong di depan umum. Jika kita bisa berpikir secara sistematis dan jernih, kita akan mampu mengekspresikan ide yang kita miliki dengan baik. Mampu memahami logika struktur teks hingga memiliki kemampuan komprehensif.

Karena skil ini juga sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, sehingga kita bisa terus beradaptasi dengan kondisi dunia yang semakin kompleks ini. Berikut ini beberapa langkah yang bisa membuat kamu meningkatkan skil critical thinking:

Kepo Dan Mengembangkan Pertanyaan

Rasa ingin tahu yang kuat membuat anda menjadi seorang yang kritis. Mudahnya untuk mengetahui sesuatu, kita perlu bertanya. Menyusun pertanyaan adalah penting agar anda mendapatkan jawaban atas berbagai hal. Bertanya dapat mengumpulkan sebanyak-banyaknya informasi sehingga kamu akan punya lebih banyak hal untuk diketahui. Wawasan yang luas dibangun dengan berbagai pertanyaan.

Ketika bertanya, anda bisa bertanya ke diri sendiri untuk mengetahui jawabannya. Kemudian anda bisa bertanya pada guru atau orang yang lebih pandai. Hingga informasi beredar dengan luas dapat ditemukan pada pencarian di Google. Jadilah Critical Thinker dengan bertanya banyak hal yang akan menambahkan banyak informasi.

Mencari Fakta Dari Informasi Yang Ada

Kebenaran yang terjadi pada sebuah informasi yang disajikan oleh internet atau Google misalkan. Ini harus dicek kebenarannya dari sumber yang terpercaya. Setelah kamu menanyakan sesuatu dan dihadapkan pada sebuah jawaban. Tentu perlu di cross check apakah benar atau tidak dengan membandingkannya pada sumber lain.

Rasa skeptis atau tidak langsung percaya membuatmu menjadi lebih kritis. Pencarian informasi akan selesai jika anda mendapatkan berbagai sumber dengan sudut pandang yang berbeda. Anda akan mengetahui sebuah hal dilihat dari kelemahan dan kelebihan yang dimilikinya. Hal ini nantinya sangat penting untuk pengambilan keputusan.

Berdiskusi Dengan Orang Lain

Setiap orang memiliki persepsi dan latar belakang pengetahuan yang berbeda dengan anda. Sehingga ketika anda bertemu dan mendiskusikan sebuah topik, mereka dapat memberikan tanggapan atau argumen. Selain memperkuat persaudaraan, saling berdiskusi akan meningkatkan daya nalar, logis, dan sistematis ketika mengambil keputusan.

Proses bertanya dan menjawab ketika orang saling bertemu itu membangkitkan pikiran yang lebih terbuka. Pikiran yang terbuka akan mungkin mendapatkan lebih banyak masukan tentang sudut pandang sebuah permasalahan. Sehingga punya lebih banyak solusi atas hal tersebut.

Mengubah Sudut Pandang Dalam Sebuah Permasalahan

Misalkan adanya sebuah teori tentang menjadi jomblo seumur hidup. Menjadi orang yang pro atau setuju dengan teori tersebut akan membuat otak berputar tentang bagaimana teori tersebut unggul. Berbeda dengan biasanya yang tidak setuju dengan teori tersebut. Hal ini akan melatih dan mengasah otak mampu berpikir kritis atas segala hal di dunia ini.

Banyak Membaca Buku Adalah Cara Meningkatkan Critical Thinking Yang Penting

Penulis buku tentunya akan memberikan pelbagai teori atau sumber yang digunakan untuk mendukung pemikirannya pada apa yang dia tulis. Penulis juga harus berpikir sistematis mengikuti alur tertentu dalam sajian bukunya.

Nah, bagi mereka pembaca buku yang rajin akan mendapatkan atau bisa mengetahui sumber-sumber informasi yang digunakan penulis. Membandingkan antara sumber-sumber lain dan mengkomparasikan membuat seseorang terlatih untuk berpikir kritis. Pembaca juga bisa memahami alur dalam buku tersebut sebagai salah satu cara berpikir sistematis.

Menulis

Seperti yang dikatakan dalam membaca buku diatas, menulis tentunya punya taraf yang lebih tinggi. Pembaca buku hanya membaca dan bisa tahu sistematika isi dari buku. Sedangkan jika menulis, orang akan lebih berpikir secara kritis untuk dibuat seperti apa sistematika buku yang ingin dia buat. Untuk itu, menulis juga bagian penting dalam cara meningkatkan critical thinking seorang siswa.

Kegiatan Lain

Adapun kegiatan lainnya yang mampu menjadikan anda sebagai seorang yang berpikir kritis yaitu:

  • Mengidentifikasi relevansi (keterkaitan) tulisan/gagasan
  • Terbuka pada berbagai kemungkinan
  • Berteman dengan orang cerdas
  • Memperbaiki pola makan dan olahraga untuk kesehatan otak
  • Mendengarkan secara aktif
  • Mempertimbangkan implikasi dari informasi yang anda dapat

Post a Comment for "Cara Meningkatkan Critical Thinking"